11/20/2011

MIO ALA RUCKUS (YAMAHA MIO SPORTY '09)


Sebetulnya tampilan modifikasi Mio Sporty lansiran 2009 ini diluar dari rencana Zaky Tandjung selaku pemilik saat pertama kali datang ke workshop STUDIO MOTOR Custom Bike. Rencana untuk melakukan ubahan ala Low Rider atau Hot Rod pupus saat disodorkan konsep ala Ruckus Custom yang dilihatnya di dunia maya. "Gokil Bro, ini sih bener-bener bagus dan sexy, kita putusin aja modif seperti ini Bro...", begitu Bro Zaky mengatakan dengan mantap untuk mengubah Mio-nya bergaya ala Ruckus Custom.

Proses modifikasi dilakukan dengan memotong sasis utama hingga menyisakan batang komstir orisinil Mio, dilanjut dengan mendesain sasis mengikuti tampilan ala Ruckus menggunakan pipa seamless diameter 1,25 Inch dengan ketebalan 3 mm. Mengejar hasil maksimal undur-undur dipanjangkan sejauh 20 cm agar Ruckus Wannabe ini nantinya terlihat lebih panjang. Sambil mengerjakan sasis, lingkar roda dibuat handmade dengan ukuran 14 X 4 Inch untuk depan dan 14 X 7 Inch untuk buritan, bersanding pas dengan ban Swallow City Gripper 140/60-14 dan 160/60-14 untuk depan dan belakang. Bagian bodi, tangki bensin dan spatboard sendiri dibuat dengan material galvanil ketebalan 1,2 mm. Kelar pengerjaan rangka lanjut dengan melabur rangka dengan warna titanium gold menggunakan proses cat powder coating. Bagian bodi, spatboard dan tangki sendiri di cat dengan warna coklat untuk sedikit memberikan kesan kontras dengan area rangka. Mengentalkan kesan Ruckus Custom stang custom ala fat bar duduk manis diatas raiser stang Kitaco dan diberi tambahan kaca spion model bar end. Peranti pendukung lainnya disematkan sebagai penunjang tampilan keseluruhan seperti shock belakang yang ditukar dengan YSS G-Series, panel saklar yang juga menggunakan produk Kitaco, master rem depan Kitaco, cakram depan Rizoma plus slang rem-nya dan beberapa aksesoris lain yang dirasa pantas dan tidak berlebihan. Tidak lupa agar tidak mempengaruhi performa, blok mesin TDR diameter 57,5 mm dijejalkan mengganti blok standar bawaan Mio. Memperlancar aliran gas buang knalpot racikan Jet Hot memberikan hasil akhir yang pas untuk sebuah tampilan ala Ruckus Custom.

Kelar proses modifikasi yang membutuhkan waktu hampir 3 bulan ini, banyak apresiasi positif dari setiap orang yang melihat Mio ini, terlebih ketika dibawa jalan. Sampai-sampai sering kali banyak orang bertanya mulai dari jenis motornya sampai ubahan-ubahan detail lainnya. Pun begitu saat kami mencoba membawa Mio Sporty ini diajang Yamaha Cuzztomatic Serie 3 di Bandung beberapa waktu lalu, walau tidak membawa gelar juara tapi hadirnya Mio ini dapat memberi warna dan cukup menyedot perhatian banyak orang.


Klik foto untuk memperbesar gambar








Photo by Rinal Wiratama

Spek Modifikasi :
  • Body custom by STUDIO MOTOR Custom Bike
  • Frame custom by STUDIO MOTOR Custom Bike
  • Powder coating by YPC Coating
  • Painting by KOMET STUDIO
  • Velg depan custom 14 X 4 Inch + Swallow City Gripper 140/60-14
  • Velg belakang custom 14 X 7 Inch + Swallow City Gripper 160/60-14
  • Stang custom + Raiset Kitaco
  • Master rem depan Kitaco
  • Cakram depan Rizoma
  • Engine TDR 57,5 mm
  • Filter udara TDR
  • Shock belakang YSS G-Series
  • Lampu depan & belakang Aftermarket


Salam,
STUDIO MOTOR Custom Bike

6 komentar:

  1. Nice build man, one of fucking awesome bike from your garage. Cool Man!

    BalasHapus
  2. What a wonderful Mio..!!!!!!!!!!
    Gokil, keren Don, bener2 kayak Ruckus di US sono

    BalasHapus
  3. anjrit, kaga ada matinya nih si donny...kip ap da gud wok bruuurr

    BalasHapus
  4. bisa dibuat untuk eksport? maksudnya rangka body itu sahaja di buat lalu hantar ke malaysia.minat sungguh gaya begini mio nya.

    BalasHapus
  5. @Oh!Shetym, bisa saja dibuatkan rangka dan body untuk dikirim ke Malaysia bila memang anda tertarik

    BalasHapus
  6. http://otomotif.kompas.com/read/2012/05/25/2371/Tergoda.dengan.Gaya.Ruckus

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...