11/01/2011

SATU KATA SEPAKAT ALA FLATTRACK STYLE - YAMAHA SCORPIO '02


Awal datang ke workshop STUDIO MOTOR Custom Bike memboyong Yamaha Scorpio lansiran tahun 2002-nya Bro Rinal Wiratama hanya ingin melakukan ubahan ala Japanesse Bike seperti yang dilakukan oleh rekannya, Gala Indiga, saat mengubah tampilan Honda Tiger-nya. Diskusi hangat yang dilakukan untuk menentukan konsep apa yang akan digunakan dalam project modifikasi ini akhirnya membuahkan satu kesepakatan, ala Flattracker. Tidak sampai disitu, pilihan ubahan ala Flat Track-pun masih berubah-ubah untuk menentukan yang paling pas dan cocok disandingkan dengan rangka asli bawaan Scorpio ini sampai akhirnya dipilih satu konsep yang dirasa paling cocok dan mewakili karakter Bro Rinal yang cenderung simpel tapi funky. Kelar penentuan konsep ubahan maka dimulailah proses modifikasi yang memakan waktu sekitar 1,5 bulan ini.

Pengerjaan dimulai dengan melucuti bodi bawaan motor lalu memangkas area buritan sekitar 15 CM, sambil melakukan proses membentuk bodi baru menggunakan plat galvanil dengan ketebalan 1,2 mm, perangkat kaki-kaki dipasangkan di motor yang baru dibeli oleh mpu-nya sekitar satu bulan sebelum dimulainya modifikasi ini. Pilihan velg alumunium berlabel Champ ukuran 18 X 3 Inch untuk depan dan 18 X 3.5 Inch untuk belakang bersanding pas dengan karet bundar Swallow Ranger 3.50 X 18 dan 4.00 X 18 juga untuk bagian depan dan belakang. Kelar pengerjaan bodi lanjut dengan pengecatan yang desainnya dipilih langsung oleh pria yang berprofesi sebagai fotografer ini dengan kombinasi warna hitam dan orange plus desain stripping yang sangat minimalis tapi justru membangkitkan aura tampilan motor ini. "Terinsipirasi aja dari warna HD Sporster Bro, kayaknya keren juga kalo diaplikasikan ke bodi baru motor gw dan jangan lupa bro untuk memberi angka 8 di cover samping motor gw ya...", begitu pesannya sesaat sebelum dimulainya pelaburan warna pada bodi motor tersebut. Cat dan pernis mengandalkan material bermerek Blinken. Pamungkas untuk mengentalkan tampilan ala Flattracker, stang fat bar dipilih agar lebih nyaman bermanuver lalu knalpot custom racikan Jet Hot dengan bentuk silincer membulat cukup dirasa mewakili tampilan secara keseluruhan.

Kelar proses modifikasi motor ini coba dibawa untuk mengikuti gelaran kontes Yamaha yang berlangsung di Bandung baru-baru ini, walaupun dilihat paling minimalis tapi banyak pengunjung yang terpikat pada ubahan motor ini yang memang sangat nyaman digunakan untuk harian. "Keren Bro...pas dengan apa yang gw impiin selama ini, dan yang pasti gw seneng, semua motor hasil modifikasi lo enak banget untuk daily use...", tutup Bro Rinal saat kelar menjajal motornya tersebut. Yes Brother, because we built to ride!!!!!


Klik foto untuk memperbesar gambar






Photo : Rinal Wiratama



Spesifikasi :
  • Body custom by STUDIO MOTOR Custom Bike
  • Painting & Airbrush by KOMET STUDIO
  • Velg depan Champ 18 X 3 Inch + Swallow Ranger 3.50 X 18
  • Velg belakang Champ 18 X 3.5 Inch + Swallow Ranger 4.00 X 18
  • Lampu depan & lampu belakang Aftermarket
  • Lampu sen Aftermarket
  • Stang ZOX
  • Rantai TK Japan
  • Shock belakang YSS
  • Knalpot custom by JET HOT



Salam,
STUDIO MOTOR Custom Bike

2 komentar:

  1. Tampilan yang pas untuk sebuah scorpio, keren bor, apik hasil modifannya SM

    BalasHapus
  2. Mas Donny mau tanya, untuk sekedar modifikasi bagian belakang motor saja ala flat-track kira2 membutuhkan biaya berapa? fyi, motor saya suzuki smash

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...