8/15/2012

OUT OF THE BOX - HARLEY DAVIDSON DYNA FXR '99


Bagi sebagian orang saat melakukan kustomisasi HD pastinya tampilan-tampilan ala Chopper, Pro Street, Bobber atau Old School bakal lebih diminati, tapi tidak berlaku bagi Tommy. Pria yang juga seorang pengusaha ini lebih memilih tampilan ala Cafe Racer pada HD Dyna FXR buatan tahun 1999 miliknya.
Bermula dari kongkow dengan rekan-rekannya di workshop Studio Motor Custom Bike Tommy langsung kepincut dengan motor-motor bergaya Cafe Racer yang ada di Gallery Studio Motor Custom Bike. Ide awal hanya mencoba merubah bagian buritan yang dibentuk model buntut tawon khas Cafe Racer, kurang puas lalu berlanjut dengan membuat tangki penampung bahan bakar hingga akhirnya berwujud Cafe Racer dengan tambahan half fairing yang sedikit terinsipirasi dari garapan Rolland Sands Design. "Nakal banget modelnya walau harus sedikit ada penyesuaian saat riding yang pastinya berbeda dengan posisi riding saat tampilan terdahulu, tapi buat saya pas menggambarkan keinginan saya yang memang berbeda dari orang kebanyakan...", tutur Tommy saat melihat hasil akhir garapan HD Dyna FXR miliknya yang sudah tampil total ala Cafe Racer.

Kesulitan awal saat mendesain model yang pas bagi motor miliknya adalah karena Tommy wanti-wanti tidak boleh ada pemotongan pada rangka. "Sayang Mas, sasis FXR buat Dyna termasuk sasis yang jarang dipunyai orang, jadi saya gak mau sasis tersebut dipotong...", begitu wantinya saat proses pengerjaan dimulai. Bodi dibuat mengandalkan material plat galvanil dengan ketebalan 1,2 mm. Kesulitan terbesar justru saat membentuk fairing yang akan dipasangkan di motor ini. Dibuat ala half fairing dengan bentuk yang membulat seirama dengan bentuk tangki yang juga dibuat dengan desain yang membulat. Kelar garapan seluruh bodi giliran Komet Studio ambil bagian dalam proses finishing, laburan warna hitam labelan Sikkens digurat dengan line putih dengan guratan pen stripping merah mampu mempertegas permainan warna pada motor ini. Handel bar dibuat ala drag bar menjadikan posisi riding pada motor ini sedikit lebih menunduk. "Masih oke sih Mas, cuma seperti yang saya bilang tetap butuh penyesuaian sedikit nih...", ujarnya saat menjajal Dyna FXR Cafe Racer miliknya ini. Selebihnya beberapa proses detail dilakukan seperti melabur powder coating segitiga atas bawah dan tabung shock serta polishing pada velg untuk melebih menampilkan kesan resik.

Kelar project Dyna FXR Cafe Racer ini tidak sedikit orang yang datang ke workshop Studio Motor Custom Bike memberikan apresiasi positif untuk keberanian Tommy membuat ubahan pada HD miliknya lain dari yang lain. Sisi positif lainnya menegaskan bahwa tidak perlu part-part pendukung yang mewah dan mahal untuk memberi warna dari kustomisasi HD seperti yang sudah-sudah banyak dilakukan orang selama ini. "Bentukan yang pas untuk sebuah gaya Cafe Racer pada HD Mas...", tutup Tommy saat mengakhiri pembicaraan usai melihat hasil akhir project-nya ini. Yupp.......betul-betul Out of the box.

Klik foto untuk memperbesar gambar













Spesifikasi :
  • Body Custom by STUDIO MOTOR Custom Bike
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Velg Stock 16X3,5 Inch
  • Ban Avon Safety Milleage 5.00-16
  • Windshield Aftermarket
  • Lampu Depan Aftermarket
  • Powder Coating by YPC




STUDIO MOTOR Custom Bike

2 komentar:

  1. good job bro, like this.
    hasil yang mantap utk sebuah HD Cafe Racer

    BalasHapus
  2. Hanya FXR bro, bukan Dyna. Dyna : FXD

    Nice post!

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...