7/26/2011

RACIKAN JAKARTA - HONDA CBR 250 2011

 

Jauh-jauh dari Samarinda, Kalimantan Timur, Honda CBR 250 milik Rian Wardhana ini kinyis-kinyis datang ke workshop STUDIO MOTOR Custom Bike karena saat motor baru tiba dari dealer sang pemilik langsung mengirimnya ke Jakarta. Diskusi pertelepon dilakukan karena sang mpu-nya motor sangat menginginkan sektor kaki-kaki tunggangannya di upgrade menggunakan lungsuran limbah motor gede (moge). "Saya hanya ingin tampilan CBR 250 ini menjadi lebih gagah mas plus penambahan pernak-pernik lain untuk lebih mempermanis tampilan motor tanpa merubah bentuk aslinya...", begitu kira-kira pesan pria yang juga pengusaha muda di kota asalnya tersebut.
Sambil menyodorkan beberapa tawaran peranti ex. moge yang akan di-aplikasikan, seluruh perangkat kaki-kaki asli dilucuti sambil meraba-raba kira-kira lungsuran moge mana yang cocok untuk disandingkan di motor yang baru saja diluncurkan oleh pabrikan Honda tersebut. Tak lama berselang coba ditawarkan paket peranti kaki-kaki ex. Suzuki GSX-750, melihat model serta dimensi yang pas Bro Rian langsung menyetujui pilihan tersebut dan proses modifikasipun dimulai.

Suspensi depan milik Suzuki GSX-750 mudah dipasangkan dengan memindahkan as segitiga bawaan motor ke segitiga GSX-750, masalah timbul saat melihat radius putar motor yang lebih panjang karena stopper terbentur radiator bawaan motor. Langsung terbayang repotnya bila Bro Rian akan memarkir motornya atau akan berputar balik. Sempat terpikir opsi menurunkan posisi radiator CBR 250 agar kita bisa maksimal melakukan setting untuk stopper di segitiga bawah, namun opsi tersebut gugur saat kita melihat bahwa posisi radiator bisa di geser 1 CM ke kanan untuk bisa melakukan setting stopper yang maksimal untuk lebih memendekkan radius putar agar tidak terlalu jauh berbeda ketimbang standarnya. Kelar pemasangan suspensi depan lanjut dengan aplikasi lengan ayun Suzuki GSX-750. Cukup surprised juga melihat dimensi rangka asli CBR 250 yang cukup lebar, pemasangan lengan ayun praktis tanpa kesulitan dengan hanya sedikit memapas rangka masing2 0.5 MM di tiap sisi kiri dan kanan. Shock belakang dirasa cukup menggunakan bawaan asli motor agar redaman tetap nyaman. Kelar pengerjaan pemasangan upside down dan lengan ayun, velg copotan Suzuki GSX-750 lebar 3.5 Inch depan dan 5,5 Inch untuk belakang bersanding ban depan Bridgestone Battlax 120/60/17 dan ban belakang merk yang sama dengan ukuran 190/55/17 pun dengan manis terpasang tanpa hambatan apapun.

Kelar aplikasi perangkat kaki-kaki lanjut pada pemasangan bodi samping aftermarket plus dengan spatboard kecil di buritan yang berfungsi sebagai dudukan plat nomor, setelah itu atas permintaan mpu-nya motor seluruh bodi dilabur cutting sticker dengan desain yang memang sudah dipilih langsung oleh Bro Rian. "Desain ini unik Mas, pas kalau kita pasang di fairing kiri dan kanan CBR, selebihnya silahkan kreasi sendiri saja tanpa mengurangi keharmonisannya..." tutur pria ramah ini saat menyerahkan desain yang mengambil tema lucifer tersebut. Selesai pengerjaan cutting sticker yang dikerjakan oleh tim Nine Work Graphics sebagai pemanis dan mengentalkan genre motor sport footstep X-Race dipasang menggantikan footstep standar bawaan motor.


Klik foto untuk memperbesar gambar

MotorPlus No.647 20 - 26 Juli 2011


Spesifikasi :
  • Upside Down Suzuki GSX-750
  • Swing Arm Suzuki GSX-750
  • Velg Suzuki GSX-750
  • Ban depan Bridgestone Battlax 120/60/17
  • Ban belakang Bridgestone Battlax 190/55/17
  • Master & Kaliper TOKICO
  • Bodi belakang by Chips Motor
  • Cutting Sticker by Nine Work Graphics
  • Footstep X-RACE


Salam.
STUDIO MOTOR Custom Bike

6 komentar:

  1. Simpel,enak diliat,gagah,keren..salut!

    BalasHapus
  2. gan numpang tanya,,, itu upsetdown nya langsung plek apa ada yg dirubah dari cibie nya...???

    BalasHapus
  3. Pemasangan upside down mudah aja kok, as segitiga bawaan motor dipindah ke segitiga GSX-750, sisanya tinggal setting stopper aja...

    BalasHapus
  4. oh ya gan kebetulan sya jg aplikasikan limbah R6 (usd, velg, Arm) tp menurut saya gear belakang gk center dengan yg depan.. yg sy mau tanyakan motor bro ryan apa mengalami hal serupa.. kalau ia solusinya apa ya..

    BalasHapus
  5. Kalo pas saat aplikasi sebetulnya gak bakalan kejadian bro....coba diliat lagi dan stel ulang posisi gear depan dan belakangnya.....

    BalasHapus
  6. Gan mau nanya estimasi biayanya berapa yah ? ini email saya fandynuari@yahoo.com

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...